Address
Ruko Niaga Mas Blok B1 No.06 - Batam
29 July, 2022

PPh 21 Nihil Tidak perlu Lapor pajak Lagi

PT Jovindo Solusi Batam Merupakan Konsultan Pajak Batam yang sudah melayani banyak client yang datang secara langsung maupun secara online  untuk menyelesaikan permasalahan pajak online, Pajak umkm, PPh badan, dan menyelesaikan PPh 21, PPh 23, PPh 4 ayat 2. Dan kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan memberikan informasi yang berkaitan dengan PPh 21 Nihil Tidak Wajib Lapor Pajak Berdasarkan PMK No 9/PMK.03.2018 Nah, Pada artikel kali ini kita akan membaca sedikit informasi mengenai "PPh 21 Nihil Tidak perlu Lapor pajak Lagi"

Alasan status PPh 21 Nihil adalah karena penghasilan/gaji  yang di terima karyawan masih di bawah PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). Sehingga para karyawan melaporkan pajaknya dengan status nihil.                              

PPh 21 Nihil Tidak Wajib Lapor Pajak Berdasarkan PMK No 9/PMK.03.2018

PPh 21 Nihil

Berdasarkan PMK No 9/PMK.03/2018 PPh 21/26 Menjadi salah satu pajak yang tidak wajib lapor dari kewajiban wajib lapor pajak SPT Nihil. PPh 21 tidaklah wajib lapor jika sedang berada di dalam kondisi di bawah ini:

·         Ti;dak a;da gaji atau pembayaran untuk karyawan

·         Ti;dak a;da pegawai atau pun karyawan

·         Gaji atau penghasilan karyawan perusahaan tpetape ;di bawah PTKP.

Wajib pajak memiliki kewajiban melakukan pelaporan SPT Masa 21/26 walaupun nihil di bulan Desember, Dan tidak perlu melapor pada masa Januari-November. Nah, kalau SPT Masa PPh pasal 21/26 tetap wajib lapor pajak karena surat keterangan domisili (SKD) ;dan PPh Pasal 21/26 nihil

Online pajak adalah sebuah aplikasi yang di rencang khusus untuk mengurus berbagai administrasi perpajakan, Mulai dari lapor pajak hanya 1 klik saja sudah bisa melaporkan pajak, dan menyetor pajak.

Jenis Pajak Lain yang Tidak Wajib Lapor SPT Nihil

PEPEN 1107 PUT

PPN nihil atau SPT Masa PPN 1107 PUT atau PPN nihil tidak mesti di laporkan oleh kondisi tidak terdapat transaksi yang wajib di pungut. Pengertian tidak wajib di pungut yang di maksud adalah:

1.    Penyerahan yang di bebaskan PPN/PPnBM

2.    Penyerahan yang tidak terutang PPN/PPnBM

3.    Penyerahan yang tidak dipungut PPN/PPnBM

PPh Pasal 25

PPh Pasal 25 merupakan pajak penghasilan yang di bayarkan dengan cara berangsur. Dengan cara itu, Wajib pajak dapat keringanan dalam pembayaran pajak. Berikut adalah kondisi SPT Masa PPh Pasal 25:

1.    Laporan keuangan triwulan

2.    Nihil jika dilihat dari laporan berkala

3.    SPT tahunan PPH sebelumnya nihil

4.    Perhitungan wajib pajak tertentu