Address
Ruko Niaga Mas Blok B1 No.06 - Batam
01 August, 2022

Cara Mengatur Nama Penandatanganan Bukti Potong di e-Bupot Unifikasi

PT Jovindo Solusi Batam Merupakan Konsultan Pajak Batam yang sudah melayani banyak client yang datang untuk menyelesaikan permasalahan pajak online, Pajak umkm, PPh badan, dan menyelesaikan PPh 21, PPh 23, PPh 4 ayat 2. dan kali ini, PT Jovindo Solusi Batam akan memberikan informasi yang berkaitan penandatanganan di dalam membuat bukti pungut/potong dan SPT Masa PPh melalui e-Bupot Unifikasi, Pada artikel kali ini kita akan membaca sedikit informasi mengenai "Cara Mengatur Nama Penandatanganan Bukti Potong di e-Bupot Unifikasi"

e-Bupot merupakan aplikasi yang berjenis perangkat lunak yang tersedia di DJP (Direktorat Jenderal Pajak) yang biasa digunakan untuk membuat pemungutan, Bukti pemotongan unifikasi, Menyampaikan ;dan mengisi SPT Masa PPh Unifikasi.

Semua pemungut dan pemotong pajak penghasilan  wajib untuk menyampaikan SPT Masa PPh Unifikasi yang di mulai pada April 2022 dan wajib juga untuk membuat bukti pemungutan dan bukti pemotongan unifikasi.

Pada saat menyampaikan dan mengisi SPT Masa PPh Unifikasi, dan saat membuat bukti pemungutan dan pemotongan unifikasi, Wajib pajak bisa memakai aplikasi e-Bupot unifikasi yang ada di DJP Online.

Wajib pajak harus menandatangani e-Bupot unifikasi terlebih dahulu sebelum pelaksanaannya. Dan kali ini PT Jovindo Solusi Batam akan memberitahu cara penandatanganannya di dalam membuat bukti pungut/potong dan SPT Masa PPh Unifikasi.

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mengunjungi halaman atau website, Lalu memasukkkan NPWP, Lalu memasukkan kata sandi, dan kode keamanan. dan tekan login, Saat menu utama, Tekan menu lapor dan tekan kolom Pra-Pelaporan. dan saat anda melihat ada aplikasi e-Bupot unifikasi lalu anda dapat menekan aplikasi tersebut.

Silahkan mengaktifkan fitur jika kolom e-Bupot unifikasi tidak muncul. Cara mengaktifkannya adalah dengan cara memilih menu profil. Lalu tekan Aktifasi Fitur juga centang kolom e-Bupot unifikasi, Selanjutnya menekan Ubah Fitur Layanan. Lalu anda di wajibkan login DJP Online kembali.

Jika anda sudah berhasil melakukan login, Selanjutnya adalah dengan memilih menu Lapor dan juga klik kolom Pra Pelaporan. Lalu tekan kolom e-Bupot unifikasi. Selanjutnya tekan menu Pengaturan. Lalu anda pasti akan melihat kolom perekaman penandatanganan.

Langkah selanjutnya adalah silahkan mengisi semua data yang diminta. centang kolom tersebut jika pembuat bukti pungut/potong merupakan pengurus atau wakil wajib pajak. dan centang kolom kuasa jika bertindak sebagai kuasa.

Setelah itu isi nomor NIK atau NPWP Lalu penandatanganan pasti akan muncul secara otomatis. Berikutnya adalah centang kolom aktif, apabila anda sudah mengisi data yang di minta. dan nama penandatangan yang akan muncul adalah yang sudah mendaftar penandatangan bukti potong.